October 6

MomenTum (p = mv)

Tak terasa Romadlon kali ini akan segera berakhir. Di sebagian masjid yg pd awal Romadlon melonjak penuh jamaahnya maka pada akhir Romadlon ini sudah terlihat tanda2 menunjukkan bahwa keadaan akan kembali seperti semula, yaitu jamaah masjid akan kembali tergolong sepi. Kondisi tersebut seakan-akan menunjukkan bahwa semangat Kita beribadah “hanya” di bulan Romadlon saja. Padahal kl kita mau, esensi sesungguhnya dr Romadlon adalah sebagai charger bulan-bulan selanjutnya, maksudnya jika semangat kita dlm beribadah di bulan Romadlon meningkat maka diharapkan jg dapat meningkatkan ibadah kita di bulan-bulan selanjutnya. Hal ini selaras dg rumus fisika tentang momentum di bawah ini :

p= m v

dengan p = momentum, m = masa, dan v = kecepatan
Secara sains, rumus di atas akan berlaku sebagai contoh apabila kita mengendarai sepeda motor dg kecepatan yg tinggi kemudian tiba2 kita mengeremnya (dan melepas gas), maka motor kita akan terseret ke depan meski dg kondisi tanpa di-gas, dan bahkan malah tubuh kita bisa terlempar ke depan.
Dikaitkan dg Romadlon, rumus di atas bisa diartikan sebagai berikut :
p = ibadah di bulan2 setelah Romadlon
m = kualitas ibadah di bulan Romadlon
v = kuantitas ibadah di bulan Romadlon
Jadi, jk kita bisa memanfaatkan “momentum” beribadah di bulan Romadlon maka insya4JJ1 ibadah kita di bulan-bulan selanjutnya jg bisa “kuat” seperti di bulan Romadlon.
Dan seperti sudah sy bilang di awal2 tadi, bahwa Romadlon akan segera berakhir. Marilah kita berdo’a agar sisa2 Romadlon ini bisa kita manfaatkan dg semaksimal mungkin, dan semoga semangat kita dalam beribadah di bulan2 selanjutnya bisa “kuat” seperti di bulan Romadlon. Kemudian mari berdo’a jg agar 4JJ1 masih memberi kita kesempatan utk mengalami Romadlon tahun depan. Amin.


30 Tanggapan Para Priyayi untuk “MomenTum (p = mv)”

  1. aad Says:

    cip™ priyayi gae teori apik

    _____________________________________________________________________________________
  2. finkz Says:

    amiin

    _____________________________________________________________________________________
  3. &-ank Says:

    Mudik-mudik, kampus wes sepi kang….. he :D

    _____________________________________________________________________________________
  4. Fa Says:

    Amiiinnnnn :)

    _____________________________________________________________________________________
  5. icha Says:

    duh jd keinget guru fisika ku yg gak banget itu ….

    _____________________________________________________________________________________
  6. venus Says:

    aminnn….

    nah ini komentarku: menurutku masjid selalu rame (hanya) pas ramadhan, karena kita manusia suka berhitung dengan tuhan. kita rajin ibadah, rajin dateng ke mesjid karena iming2 ‘pahala yg berlipat ganda’.

    ckckck….sungguh bukan cinta yang tulus. bukan begitu, priyayi sae???

    _____________________________________________________________________________________
  7. aLe Says:

    @ simbok :
    ..ckckck….sungguh bukan cinta yang tulus. bukan begitu, priyayi sae???..
    *d jwb dgn nada koor :* bukaaaaaannnn :D

    aMin.,
    wah, mas priyayi ini memang TOP.,
    kapan nikah? *halah* :P

    _____________________________________________________________________________________
  8. Totoks Says:

    kenapa di PC saya Allah kok terbaca 4JJ1 maksudnya apa ya… tanyaken apa??
    BTW salam kenal ya… :D

      Prince PriyayiSae menjawab :
    lha itu emang aslinya 4JJ1, krn gak ada hurup arabnya maka tulisan Allah dikreasi pake angka dan huruf saja biar mudah nulisnya. lam kenal jg y kang Totok :)
    _____________________________________________________________________________________
  9. andi bagus Says:

    wah fisika ternyata menyenangkan y..met mudik mas..mas, cempluk juga pny web disini : http://blog.its.ac.id/cempluk

    _____________________________________________________________________________________
  10. uthie Says:

    aiihh..
    aku ga suka fisika
    *ditabok :p

    _____________________________________________________________________________________
  11. Nisa Says:

    aduh maaf ada gaya lenting :P

    *sotoy dan gak nyambung.

    _____________________________________________________________________________________
  12. -tikabanget- Says:

    waaaaa… ndak nyangka bisa ketemu langsung sama mas priyayiii..

    _____________________________________________________________________________________
  13. annots Says:

    wah mas artikelmu bagus banget, harusnya ngasih kuliah seperti ini harusnya di awal bulan romadhon. Lha ini tinggal beberapa hari dah habis :((

    Ya mudah2an bisa buat tahun depan…

    _____________________________________________________________________________________
  14. mysyam Says:

    dab P iku bukannya power atau DAYA :-? hmm..

    dilit ngkas bodo yo dab

      Prince PriyayiSae menjawab :
    P bisa juga berarti daya, tp bisa juga berarti momentum. pancen lambangnya sama dab.
    iyo dab... tinggal hitungan jari lagi wis lebaran/bodo
    _____________________________________________________________________________________
  15. unai Says:

    teori cah mbeling ning sae :P

    _____________________________________________________________________________________
  16. mbakyu Says:

    kakehan teori, dasar eblis :D

    _____________________________________________________________________________________
  17. iman brotoseno Says:

    mudah mudahan juga ramadhan dianggap sebagai momentum terima THR

    _____________________________________________________________________________________
  18. ayahshiva Says:

    teori yang menarik

    _____________________________________________________________________________________
  19. rambideunt Says:

    kaya’nya aku mengenal teori ini deh…
    Di buku fisika SMP, tapi perasaan gak ada hubungannya sama bulan ramadhan?
    *sok serius*

    _____________________________________________________________________________________
  20. nisa Says:

    :) iya… enaknya kalo ibadah bisa naek.. lhah kalo nurun.. gimana dunk? :D

    _____________________________________________________________________________________
  21. Leo Says:

    Maaf lahir bathin..

    _____________________________________________________________________________________
  22. signal Says:

    mudik ra kang? mudik neng ‘Kauman’, opo malah ga mudik?

    _____________________________________________________________________________________
  23. mina Says:

    ora mudeng :D
    ya tapi tentu gak menghalangi mina untuk mengucapkan selamat hari raya idul fitri dan mohon maaf lahir batin ya :)

    _____________________________________________________________________________________
  24. ria Says:

    Intinya cuma 1 mas…
    Minal Aidin Wal Faidzin yaaa…

    “May You Have a Blessed Ramadhans….”

    _____________________________________________________________________________________
  25. rd Limosin Says:

    duh, jangan pake rumus atuh, trauma dgn rumus neeh

    btw Met Lebaran

    _____________________________________________________________________________________
  26. -tikabanget- Says:

    met lebaraannn..
    maap-maapaaann..!! ^^
    *salaman*

    _____________________________________________________________________________________
  27. tooooooooooopics Says:

    priyayi sae kumat..

    zero zero, kosong kosong..

    _____________________________________________________________________________________
  28. escoret Says:

    [..]p = momentum, m = masa, dan v = kecepatan[,…]
    PERASAAN,aku kuliah ga dpt itu deh…!!!

    adanya E=M c kuadrat….

    *waton kowe*

    _____________________________________________________________________________________
  29. novee Says:

    ampuuunnn… ngeri liat rumus
    *trauma sering di hukum…*

    _____________________________________________________________________________________
  30. eri Says:

    momentum…
    kalo ngak salah kuliah fisika kali ya..

    _____________________________________________________________________________________

Leave a Reply

SIKAT!