August 27

PlenthonX USB

Seminggu yg lalu ktika liburan 17 agustusan, 2 kakakq yg kebetulan laki smua datang dr Jakarta. Ke2nya sudah lumayan lama kerja d sana; kakak yg pertama sudah 3 th bekerja di sebuah perusahaan kecap saos In*****d, sedangkan kakak yg kedua baru skitar 1 th bekerja di sebuah perusahaan cat kendaraan Ka***i stl sblmnya bbrp kali pindah2 tempat kerja (entah idealis atau gak kerasan :d). Kedatangan mereka ke kampung halaman Kauman Joxja tercinta :) ada beberapa 7an, salah 1nya yaitu untuk sekedar membuat sukuran kecil2an buat tetangga sekeliling rumah sebagai rasa syukur kpd 4JJ1 Yg Maha Pemberi Rizqi atas keberhasilan ke2 orangtuaq yg dg penghasilan pas2an tp tlah berhasil menyekolahkan ke3 anak2nya sampe lu2s sarjana. Sy masih ingat kata2 ibuku… “Kalo dihitung-hitung, penghasilan bapak+ibumu tak akan bisa digunakan utk biaya hidup/sekolah. Tp Alhamdulillah, 4JJ1 selalu membuka pintu rizqinya… selalu sj ada rizqi dr pintu yg tak diduga-duga. Maka, jika kamu2 itu suatu saat menjadi org besar, jgn lupa utk membantu org yg membutuhkan”. Do’akan ya… agar aq jg bisa segera menyusul ke2 kakakq bla bla bla …

Kali ini, kakak pertamaq datang dg membawa leptop yg baru saja dibeli skitar 1-2 bulan yg lalu d Jakarta. Dia sengaja membawanya ke Jogja utk mengkopi master2 program dr komputer desktopku. Aq pun tak menyia-nyiakan waktu utk mencoba-coba leptop itu, sampai2 terbesit ke pikiranku… “Bajigur, marai kepingin tuku leptop” tp sesaat kemudian kembali terbesit pikiran yg lain … “Ah ngapain beli, toh pake desktop biasa sj sudah cukup utkq saat ini :-p”. Kemudian ktika aq melihat kakakq sedang memakai leptop di kegelapan malam, aq berpikir bagaimana membuat sebuah lampu sederhana yg bisa dinyalakan dg hanya memanfaatkan sumberdaya leptop, sbagai antisipasi jk kita sedang membutuhkan leptop namun tidak ada lampu penerang di sekitar lokasi tempat kita berpijak.

Akhirnya aq pun membuat sebuah rangkaian lampu (bhs jawa: plenthonX) kecil yg mengambil dayanya dr USB. Bahan2nya pun cuman sedikit, dan sangat murah dan mudah didapat yaitu :

- lampu plenthonx (skitar 5V, seperti pada senter)

- kabel secukupnya

- port USB (bisa jg diambil dr bekas mouse USB)

dr 3 bahan di atas, pertama kali port usb disolder dg kabel sehingga spt gambar di bawah ini :

Hal yg harus diingat dalam penyolderan, terlebih dahulu kita hrs tahu susunan dr kaki2 USB. Soket USB memiliki 4 kaki spt penjelasan di bawah ini :

(sumber pin USB: wikipedia)

Dari 4 kaki pada soket, kita hanya akan mengambil tegangan 5V saja. Maka, kita hanya membutuhkan kaki no 1 utk 5Vnya dan no 4 utk groundnya. Kemudian dr pin no 1 dihubungkan ke kaki positif dr lampu plenthonk, sedangkan pin USB no 4 dihubungkan ke tubuh negatif dari lampu plenthonk.

Sehingga hasilnya leptop+plenthonx USB seperti dibawah ini :

dan kibor dr leptopnya pun bisa menjadi jelas :

Gambar di atas hanya sbg contoh sehingga penerangan lampu kurang maksimal. Agar berfungsi maksimal, seharusnya POSISI lampu diatur agar sinar lampu bisa menerangi seluruh permukaan kibor.

Bandingkan sj jika hrs mengetik pake leptop, sedangkan di daerah sekitar tidak ada sumber lampu umum sebagai penerang seperti di bawah ini :

Jadi, dg adanya lampu plenthong USB memiliki keuntungan diantaranya :

- bisa dan mudah dibuat sendiri

- bahan mudah diperoleh (lampu bisa ambil dr bekas senter, kabel USB bisa diperoleh dr mous USB bekas; atau kl mau beli bisa di toko elektronik atau toko listrik, tp bukan di toko makanan! :d)

- harga murah

- bisa ditaruh di saku celana bila sedang nggak dipake

- tidak membutuhkan sumberdaya diluar leptop, karena catu daya diambil dari port USB pd leptop

- dan laen2..! :)

O iya inget… sebenere aq pingin meneruskan pemrograman LCD spt janji pada ini, tp ya udah terlanjur nulis yg “plenthonX” ya udah lah. :d

Nah, kalau berminat ngebuatnya…. selamat mencoba, n gut lak!

 


28 Tanggapan Para Priyayi untuk “PlenthonX USB”

  1. Fareez Says:

    pertamaaax……

    tur ra dong blass….

    _____________________________________________________________________________________
  2. annots Says:

    Teknologi baru mas, luar biasa!!! Maaf, dari Kelompencampir mana ya?

    *lari sebelum dilempar sabit*

    _____________________________________________________________________________________
  3. bay.prihant Says:

    koe skripsi meneh wae….
    tentang kui dab…

      Prince PriyayiSae menjawab :
    weh... mmosok mung ngonowe skripsi?
    _____________________________________________________________________________________
  4. aad Says:

    ketoke apik kui nek dienggo judul skripsi…
    kudune koe wingi skripsine iki wae =))

      Prince PriyayiSae menjawab :
    wex.. terlalu mudah ki, cah SD we biso :))
    _____________________________________________________________________________________
  5. rd Limosin Says:

    inget kelulusan, inget ak yg lagi skripsi

      Prince PriyayiSae menjawab :
    smangat!!! bulan depan km lu2s! :)
    _____________________________________________________________________________________
  6. manda Says:

    wah ngoprek tenan kie..
    kang priyayi kie termasuk dalam kategori hecker kalo gitu

      Prince PriyayiSae menjawab :
    kue hecker y... eh, kae kue lecker nding.
    _____________________________________________________________________________________
  7. kai Says:

    wew… keren…
    kok jadi pengen cepet2 menyelesaikan “itu”
    :D

      Prince PriyayiSae menjawab :
    otomatis... segera slesaikan! cip!
    _____________________________________________________________________________________
  8. zam Says:

    weh..

    ELINS tenan iki dab..

    manteb idene..

    eh, koe kudune mbayar royalti ke Ridlo.. bahasan USB kan skripsine de’e..

    gyahahahahaha

      Prince PriyayiSae menjawab :
    royalti? barter dab...simbiosis mutualisme... saat iki ktika bung ridlo mudik jakarte, aq wis njagakke si "ntiz hatake" dr gangguan makhluk MIPA >:):)) we e e e... tull kan bung ridlo? ha2
    _____________________________________________________________________________________
  9. aLe Says:

    jian mak nyus,,
    gak rugi wingi diwisuda :D

    _____________________________________________________________________________________
  10. Adham Somantrie Says:

    kreatip… kreatip…

    _____________________________________________________________________________________
  11. kw Says:

    top. jenial idenya.
    salam hormat untuk ibunya ya. aku akan ingat juga pesannya. :)

      Prince PriyayiSae menjawab :
    sip... surga di bawah telapak kaki ibu :d
    _____________________________________________________________________________________
  12. sandal Says:

    wah aku yo wis tau, kanggo sirah Kamen Riderku ben iso murub tur kerlap-kerlip.

    klo gambar ga kliatan, ke http://photos-136.friendster.com/e1/photos/63/11/15401136/761185748l.jpg saja :D

    em mosok mung lampu plentog nyolog ning USB iso dadi skripsi? ra mutu ah.

      Prince PriyayiSae menjawab :
    iyo iks... emang sopo sing pernah jadikan skripsi? ra mutu dosen pembimbinge nek memperbolehkan mung ngono we jadi skripsi
    _____________________________________________________________________________________
  13. deep Says:

    apik maneh kalo lampunya dipasangi reflektor sama kaca senter… cahayanya biar terkumpul dan fokus sehingga lebih terang… wakakakaka…kk…

      Prince PriyayiSae menjawab :
    skalian pake senter tp catu daya ngambil USB we pye? wekekeke..
    _____________________________________________________________________________________
  14. Anang Says:

    wahkerennnn

    _____________________________________________________________________________________
  15. diditjogja Says:

    udah coba halogen yang 5V?
    lueh terang!!

      Prince PriyayiSae menjawab :
    tp jg lueh mahal dab :d
    _____________________________________________________________________________________
  16. venus Says:

    aku digawekke mbok’an…

    _____________________________________________________________________________________
  17. kenz Says:

    wooow.. keren informasinya.. hehehe.. kapan-kapan saya praktekan :D

    _____________________________________________________________________________________
  18. ria Says:

    mampirr ahh mas…. maap aku terlalu oneng u bahas tema yg di atas hehehe ;p

    _____________________________________________________________________________________
  19. Nisa Says:

    wow. fantastico :D
    (walaupun bengong2 bingung saking gapteknya)

    _____________________________________________________________________________________
  20. finkz Says:

    waah kreatip euy!

    _____________________________________________________________________________________
  21. Fa Says:

    kreatipppp!
    tapi nek aku pilih sing praktis Mas, alias tuku dadi hehe.. *lha ora mudeng blas soal begituan, tur beli yg jadi juga nggak terlalu mahal, hehe*

    _____________________________________________________________________________________
  22. wardah El shafa Says:

    hem ngono tho .. seeph kreatif…

    _____________________________________________________________________________________
  23. ShOFa Says:

    huhuhu ide yg cerdas dan kreatif :D

    _____________________________________________________________________________________
  24. Elistia Says:

    superdupercreative

    _____________________________________________________________________________________
  25. &-ank Says:

    Ehh Pak, Alumni masi bisa make SIC ga? pinjem KTM orang lain hehehe. Sukses

      Prince PriyayiSae menjawab :
    ROSO...eh, BISA! tp te2p hrs menyertakan KTM kita jg :d
    _____________________________________________________________________________________
  26. dept Says:

    apik dab idemu…

    ra nyongko…

    orang orang seperti priyayisae bisa mempunyai ide seperti ini…

      Prince PriyayiSae menjawab :
    pepatah bilang... jgn liat penampilannya, tapi liat bla-bla-blanya ... *halah :d*
    _____________________________________________________________________________________
  27. bimoz Says:

    idemu bagus juga, kebetulan aq suka utak atik PC yang pasang ini itulah… termasuk harus maen colok2an dibelakang. nah kebetulan ide pake lampu lewat usb ada di sini. aq cobaen pake lampu LED putih langsung sambung ke kabel USB ya dipendekin gitu biar ga ribet trus ku colokin di USB belakang PC… n sekarang aq ga perlu senter lagi kl mo utak atik bagian belakang PC coz dah terang men… thaks ilmunya. btw metode ini bisa jg lho dibuat pake kipas FAN via USB atur aja…lumayan tuh buat FAN monitor..

    _____________________________________________________________________________________
  28. zul Says:

    aku udah coba tu…alhamdulillah berhasil..
    tapi aku belum puas soalnya pengennya port usb bisa bekomunikasi dengan mikrokontroler. Teman2 bantuin ya… gimana caranya port usb bisa berkomunikasi dengan mikrokontroler. Aku tunggu postingannya..!!!!!!!!!!!!!

    _____________________________________________________________________________________

Leave a Reply

BISA!